Kampung Jawa Sering Kebanjiran

SAMARINDA. Hujan deras sebentar saja, wilayah Kampung Jawa dan sekitarnya hampir rata dengan air. Dimana - mana terdapat genangan air. Lurah Jawa Idfi berpendapat, hasil pengamatan di lapangan banjir terjadi akibat saluran air bermasalah.

    Disebutkan Idfi, yang jadi perhatiannya adalah kondisi gorong - gorong yang terdapat di Jalan Gajah Mada. Yaitu gorong - gorng di depan kantor BTN, serta di depan Jalan Merapi. "Kuncinya ya gorong - gorong tersebut. Soalnya itu adalah saluran untuk pembuangan menuju Sungai Mahakam," beber Idfi.

    Setidaknya hal itu, ujar Idfi, bisa dilihat dari hasil kerja bakti memperingati Hari Bumi, Minggu (22/4) pagi. Saat masuk ke gorong - gorong, ternyata mampet. Sedimentasi, sampah dan pipa menyumbat gorong - gorong.

    Saat volume air besar dan tak lancar menuju Sungai Mahakam, maka terjadilah genangan dimana - mana. Apalagi wilayah Kampung Jawa merupakan tempat pembuangan air dari wilayah lain. Makanya jika saluran air, baik parit maupun gorong - gorong mampet terjadilah genangan air yang tinggi serta lama baru surut.

    "Kedepannya, gorong - gorong itu jadi perhatian utama kami. Minimal kalau dua gorong - gorong itu lancar, saya yakin air cepat turun. Kalaupun banjir, tak lama dan tak akan dalam," tutur Idfi.

    Idfi mengungkapkan, pihak kelurahan akan mengajak warga untuk memperhatikan saluran air dan gorong - gorong tersebut. (dok. SAMARINDA POS, 24 April 2018)

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Jawa
Selamat Hari Kartini 21 April 2018. Selamat Hari Bumi 22 April 2018.
Perekrutan Anggota KPPS Kelurahan Jawa Sampai Tanggal 20 April Pukul 12:00 di Sekretariat PPS Kelurahan Jawa