Sedimentasi Parah, Tersumbat Pipa

SAMARINDA, Puluhan warga Kampung Jawa berbaur dengan sejumlah relawan, bahu membahu membersihkan gorong - gorong dibawah Jalan Gajah Mada, persis di depan BTN Minggu (22/4) pagi kemarin.

    Secara bergantian, bahkan Lurah Jawa Idfi ikut masuk ke gorong - gorong sempit berukuran sekitar 2 x 1,5m meter. Warga bersama relawan bekerja keras membersihkan sampah maupun sedimentasi lumpur yang memenuhi gorong - gorong.

    "Pengamatan kami di lapangan, memang kondisi sedimentasi sangat parah. Mungkin kurang dari setengah meter saja saluran air yang tersisa dalam gorong - gorong,"beber Idfi.

    Hal itulah yang diduga menyebabkan aliran air dari daerah Kampung Jawa tak lancar selama ini. Tak hanya berbagai sampah dan sedimentasi saja, penyumbat gorong - gorong diantaranya adalah bongkahan beton dan pipa besar yang melintang persis dalam gorong - gorong.

    "Ada pipa besar dan sepertinya itu pipa air milik PDAM. Itu juga menghambat aliran air," terang seorang relawan yang ikut masuk gorong - gorong.

    Kerja Bakti yang dimulai sejak pukul 07.00 Wita hingga pukul 11.00 Wita, berhasil mengangkat tiga truk sampah maupun sedimentasi.

    " Kami juga berkoordinasi dengan Balakarcana Kampung Jawa dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sedimentasi yang parah dan sukar dijangkau, kami semprot agar air bisa kembali lancar," tutur Idfi lagi. Pasca pembersihan gorong - gorong, aliran air bertahap lancar. (dok. Samarinda Pos, 23 April 2018)

Selamat datang di Website Resmi Kelurahan Jawa
Selamat Hari Kartini 21 April 2018. Selamat Hari Bumi 22 April 2018.
Perekrutan Anggota KPPS Kelurahan Jawa Sampai Tanggal 20 April Pukul 12:00 di Sekretariat PPS Kelurahan Jawa